Tanggapi soal Somasi Moeldoko, ICW: Kami Punya Mandat Awasi Pemerintah

Tanggapi soal Somasi Moeldoko, ICW: Kami Punya Mandat Awasi Pemerintah

30 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pihak Indonesia Corrupton Watch (ICW) belum bisa menanggapi lebih jauh terkait somasi dari KSP Moeldoko.

Sebelumnya pihak Moeldoko telah meminta ICW meminta maaf dan mencabut pernyataan terkait promosi Ivermectin dalam waktu 24 jam.

Terkait hal tersebut, Koordinator ICW Adnan Topan Husodo kemudian angkat bicara.

Adnan menegaskan pihaknya melakukan sesuatu dalam kapasitas sebagai organisasi masyarakat sipil yang memiliki mandat.

“Mandat untuk mengawasi pemerintah, termasuk para pejabat publik sehingga yang kami lakukan berada di mandat itu,” paparnya, Kamis (29/7/2021).

Lebih lanjut, Adnan menyampaikan pihaknya belum bisa menanggapi somasi Moeldoko lantaran belum menerima surat secara resmi.

Sebelumnya, pihak Moeldoko melalui kuasa hukumnya, Otto Hasibuan meminta ICW mencabut pernyataan tentang promosi Ivermectin sebagai obat Corona atau Covid-19.

Selain itu juga meminta ICW untuk menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di media dalam waktu 1×24 jam.

Jika ICW tidak melakukan hal tersebut, jelas Otto, maka pihaknya akan melapor ke polisi karena tindakan tersebut telah memenuhi unsur pidana.

Pihak Moeldoko akan melaporkan ICW dengan Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45 Ayat 3 UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE sebagaimana diubah Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU tersebut.

(Mel/Nov).