Ini Sejumlah Tuntutan Pencari Suaka WN Afghanistan yang Demo di Kantor UNHCR Jakpus

Ini Sejumlah Tuntutan Pencari Suaka WN Afghanistan yang Demo di Kantor UNHCR Jakpus

24 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pencari suaka Warga Negara Afghanistan melakukan aksi demo di depan kantor UNHCR, Jakarta Pusat.

Mereka menuntut kejelasan nasib di Indonesia untuk bisa pindah ke pemukiman permanen di negara ketiga sebagai pengungsi.

Hakmat, salah satu pengungsi melalui keterangan tertulis menyatakan telah tinggal di Jakarta sejak tahun 2013 silam.

Menurut pengakuannya, sejumlah keluarga dan kerabatnya telah kembali ke Afghanistan.

“Selama beberapa minggu terakhir saya benar-benar khawatir tentang keselamatan dan kesejahteraan keluarga saya,” ungkapnya, seperti dikutip Selasa (24/8/2021).

Dia menyebut para keluarga dan kerabatnya itu kini tengah berada dalam bahaya langsung terlebih saat ini Taliban sudah menduduki pemerintahan.

Lebih lanjut, Hakmat menyatakan aksi demo tersebut bertujuan untuk mendesak UNHCR dan negara-negara lainnya terkait kejelasan nasib mereka.

Hakmat juga mengaku pihaknya nekat menggelar demo di tengah pandemi Covid-19 lantaran sudah tidak punya pilihan lain.

Dia mengaku tidak berdaya dan tak punya solusi lain selain mengangkat suara dan memberitahu dunia terkait persoalan dan kekhawatiran mereka.

“Kami mengadakan protes ini untuk menekan UNHCR, pemerintah Australia, dan negara-negara lain yang menerima pengungsi dari Indonesia,” jelasnya.

Dia meminta agar proses pemukiman kembali bisa segera dikerjakan karena mereka telah menunggu dalam waktu yang terlalu lama.

Hakmat menyebut ribuan pengungsi bahkan ada yang telah menunggu di Indonesia selama 8-10 tahun untuk dimukimkan kembali.

(Mel/Nov).