Jadi Tersangka, Youtuber Ferdian Paleka Terancam 12 Tahun Penjara dan Denda 12 Miliar

Jadi Tersangka, Youtuber Ferdian Paleka Terancam 12 Tahun Penjara dan Denda 12 Miliar

8 Mei 2020 Off By MAX ALVIAN

BANDUNG – Youtuber Ferdian Paleka dan rekannya berinisial MA ditetapkan jadi tersangka dalam kasus prank sembako berisi sampah yang diberikan kepada waria dan anak-anak, Kamis (30/4/2020) lalu.

Keduanya ditangkap di Tol Jakarta-Merak, Tangerang pada Jumat (8/5/2020) dini hari yang ditemani oleh paman tersangka.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, Ferdian Paleka dijerat dengan Pasal 45 Ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Menurutnya, para tersangka telah dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan telah memenuhi syarat untuk dikenakan dalam Pasal 45 UU ITE.

“Para tersangka memberikan semacam bantuan sembako di dalam kardus kemudian diisi batu dan sampah diberikan kepada para pelapor ini. Kemudian konten dimuat di dalam saluran YouTube,” kata Saptono, Jumat (8/5/2020).

Selain Pasal 45, Ferdian Paleka turut dijerat dengan dua pasal tambahan yaitu Pasal 36 dan Pasal 51 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Pasal 36 UU ITE menyatakan, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Sementara itu, Pasal 51 ayat 2 UU ITE menyebutkan setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 dipidana paling lama 12 tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp 12 miliar.

Sebelumnya diberitakan, polisi berhasil menangkap Ferdian Paleka. YouTuber yang menuai banyak kecaman atas aksi prank-nya itu diamankan bersama dua orang lainnya yakni Aidil alias A yang ada dalam video dan Jamaludin paman dari Ferdian.

Mereka diciduk di jalan tol Jakarta-Merak, Tangerang, Banten pada Jumat (8/5/2020) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB oleh Sat Reskrim Polrestabes Bandung dan Jatanras Polda Jabar.

Seperti diketahui, YouTuber Ferdian Paleka membuat heboh warganet. Ia membuat konten prank berupa video saat membagikan dus berisi sampah ke waria dan anak-anak di Kota Bandung.

Ulah Ferdian diunggah ke channel YouTube-nya dengan judul ‘PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL’. Dalam video itu, Ferdian beraksi bersama dua temannya menggunakan mobil.

Aksi Ferdian itu banjir kecaman. Korban prank tersebut melaporkan insiden ‘makanan’ sampah ke Polrestabes Bandung.

Usai korban melapor, polisi langsung bertindak buru para pelaku, salah satu teman Ferdian yang ada dalam video itu menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung.

Berdasarkan penyelidikan sementara, polisi menyebut motif prank itu untuk menambah subscriber channel YouTube Ferdian Paleka.

 

(EFG/MAX)