Dengar Curhat Peternak, Jokowi Langsung Keluarkan Perintah ke 2 Menteri

Dengar Curhat Peternak, Jokowi Langsung Keluarkan Perintah ke 2 Menteri

16 September 2021 Off By Redaksi

NESIATIME.COM – Presiden Joko Widodo bertemu dengan Suroto, perwakilan insan perunggasan dan peternak ayam petelur di Istana Negara, Rabu (15/9/2021).

Suroto sendiri merupakan sosok pria yang mendapat tindakan represif dari polis karena membentangkan poster ketika Jokowi kunjungan ke Blitar.

Dia membentangkan poster bertuliskan ‘Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar, Telur Murah’.

Dalam pertemuan tersebut, Suroto pun menjelaskan maksudnya membentangkan poster tersebut karena ia yakin Jokowi pasti bisa membantu.

“Saya percaya satu-satunya orang Indonesia yang pada saat ini yang bisa menolong peternak, ya hanya Pak Jokowi,” tuturnya, saat ditemui usai acara.

Dia menjelaskan para peternak sudah sejak lama menghadapi permasalahan yakni harga jagung cenderung naik dan harga telur yang sangat rendah.

Sebelumnya, lanjut Suroto, para peternak telur melalui asosiasi dan koperasi telah berupaya mencari jalan keluar.

Mereka telah mencoba mendatangi sejumlah lembaga pemerintahan di daerah bahkan ke Kementerian Pertanian namun masalah tak kunjung selesai.

Padahal, Suroto mengaku para peternak kini tengah serba terjepit karena usahanya yang tidak bisa jalan.

Dia mengaku tetap merugi meskipun misalnya memproduksi telur 100 persen karena telur-telur tersebut tidak bisa keluar dan hanya menumpuk di gudang.

Mendengar curahan hati dan keluh kesah Suroto dkk, Jokowi lantas memberi instruksi kepada Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut pun mengatakan pihaknya akan segera membuat terobosan.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian akan membuat terobosan yang bisa menyeimbangkan sektor daripada perunggasan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Suroto sempat menjadi sorotan karena nekat membentangkan poster ketika Jokowi berkunjung ke Blitar pada Selasa (7/9/2021).

Meskipun harus diamankan polisi ketika itu, namun dia mengaku bersyukur karena akhirnya bisa menyampaikan keluhan secara langsung kepada Jokowi.

(Mel/Nov).