Anggota DPR Junimart Girsang Minta Maaf ke Ormas Pemuda Pancasila

Anggota DPR Junimart Girsang Minta Maaf ke Ormas Pemuda Pancasila

25 November 2021 0 By Redaksi

NESIATIMES.COM – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta maaf kepada organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP).

Hal itu, berkaitan dengan tanggapannya yang mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menertibkan ormas yang kerap terlibat bentrokan.

Kekinian, pernyataannya tersebut menuai polemik sehingga Junimart memutuskan untuk meminta maaf kepada keluarga besar ormas PP.

“Namun demikian apabila saya dipersalahkan karena tanggapan itu, sebagai manusia beriman saya minta maaf kepada keluarga PP,” ujarnya, Kamis (25/11/2021), seperti dikutip dari JawaPos.

Junimart menuturkan, permintaan maaf darinya bukan lah masalah protes, melainkan demi menjunjung tinggi asas perdamaian sesuai Pancasila.

Lebih lanjut, Junimart mengatakan bahwa ormas PP tidak membaca pernyataannya secara utuh.

Legislator PDIP itu mengaku tidak pernah menyatakan untuk meminta Kemendagri membubarkan PP sebagai ormas berskala nasional.

Sebelumnya, ormas PP terlibat bentrokan dengan Forum Betawi Rempug (FBR) di Ciledug, Kabupaten Tangerang.

Menanggapi insiden tersebut, Junimart mendesak Kemendagri untuk menertibkan ormas yang kerap terlibat bentrok.

Junimart menilai pendirian ormas sendiri mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah dalam menjaga ketertiban umum.

Sehingga ketika ada ormas yang meresahkan maka pemerintah berkewajiban untuk hadir memberikan pembinaan ataupun penertiban.

Menurutnya, sanksi pencabutan izin merupakan solusi yang tepat, terlebih jika ormas yang bersangkutan sebelumnya pernah mendapat peringatan.

(Mel/Rah).