Kantor Komnas HAM Digeruduk, Massa Pertanyakan Alasan Firli Bahuri Diperiksa

Kantor Komnas HAM Digeruduk, Massa Pertanyakan Alasan Firli Bahuri Diperiksa

10 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Sekelompok massa dari Gerakan Rakyat Untuk Keadilan Indonesia (Gerak Indonesia) menggeruduk kantor Komnas HAM.

Mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Komnas HAM, Jakarta, pada Rabu (9/6/2021).

Koordinator aksi Gerak Indonesia, Teddy, mengaku pihaknya mempertanyakan terkait pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri terkait tes wawasan kebangsaan (TWK).

“Timbul pertanyaan di mana letak substansi pelanggaran HAM yang dilaporkan Novel Baswedan Cs, Komnas HAM harus jelaskan, paparnya, Rabu, seperti dikutip dari suara.com.

Teddy mengatakan Komnas HAM seharusnya bisa bekerja secara objektif bukan berdasarkan opini yang menurutnya sengaja dikembangkan Novel Cs.

Pasalnya, kata dia, pelaksanaan tes wawasan kebangsaan bukan semata-mata keinginan dari pimpinan KPK melainkan amanat undang-undang.

Teddy menjelaskan pelaksanaan TWK bahkan melibatkan pihak lain seperti BKN, BIN, BNPT, BAIS TNI, Dinas Psikologi TNI AD, serta institusi lain.

Oleh karena itu, Teddy memastikan bahwa pelaksanaan TWK tersebut terang benderang dan tanpa intervensi dari pimpinan KPK.

Dalam orasinya, Gerak Indonesia meminta Komnas HAM fokus pada permasalahan yang lebih mendesak seperti pembantaian warga Poso, Papua, dan sebagainya.

Kemudian mereka juga meminta Komnas HAM tidak mudah terpengaruh pada opini-opini terkait 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK.

Gerak Indonesia yakin tidak ada pelanggaran dalam tes tersebut dan meminta Komnas HAM tidak menambah kegaduhan.

Tak hanya itu, massa juga mendesak Komnas HAM untuk memeriksa Novel Baswedan terkait dugaan kasus burung walet.

(Leo/Nov).