Setelah TNI-Polri, Giliran PNS Akan Pindah ke Ibu Kota Baru, Kapan Itu? Siap-siap Saja

Setelah TNI-Polri, Giliran PNS Akan Pindah ke Ibu Kota Baru, Kapan Itu? Siap-siap Saja

9 September 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pembangunan ibu kota negara (IKN) baru masih terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dalam rapat bersama Komisi II DPR, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan TNI-Polri akan menempati ibu kota baru tersebut terlebih dahulu.

Sementara untuk pegawai negeri sipil (PNS), Tjahjo menyatakan akan menyusul pindah ke ibu kota baru setelahnya.

Meski demikian, Tjahjo mengaku belum bisa memastikan berapa total karena kebutuhannya terus dinamis.

“Kebutuhan berapa ini terus dinamis, ini harus dijawab oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud-Ristek) dan Kementerian Dalam Negeri,” bebernya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia pada Kamis (9/9/2021).

Lebih lanjut, Tjahjo menyebut terdapat sejumlah tambahan untuk dokter, perawat, bidan, dan juga tenaga penyuluh.

Selain itu, jelas Tjahjo, pemerintah juga masih harus melakukan penyesuaian dengan PNS yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dia memaparkan bahwa pihaknya telah menyusun roadmap terkait berapa ASN pusat yang dipindahkan kalau ibu kota baru terjadi sejak awal 2020.

Akan tetapi, kemunculan pandemi Covid-19 membuat pihaknya perlu melakukan penataan ulang.

Namun demikian, Tjahjo memastikan pihaknya saat ini telah menyerahkan PAN-RB clear tersebut kepada Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Nasional atau Bappenas Regional, Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyampaikan terkait jadwal pemindahan.

“Itu kajian persiapan, kan pemindahannya baru 2023, yang duluan pindah adalah TNI-Polri, untuk memastikan keamanan,” ungkapnya.

Rudy menyatakan hal tersebut seiring dengan pembangunan kantor pemerintahan dan Istana Kepresidenan yang mulai pada tahun depan.

Selain itu, Rudy juga menuturkan pihaknya kini tengah memprioritaskan agar pemerintahan bisa berjalan mulai Agustus 2024.

(Mel/Nov).