Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Tinggi, Terungkap, Ternyata Ini Dalangnya

Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Tinggi, Terungkap, Ternyata Ini Dalangnya

17 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Ketua Tim Peneliti Whole Genome Sequence (WGS) SARS-CoV2 Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMKM GM) dr Gunadi, PhD, SpBA, mengungkap alasan melonjaknya angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, faktor utama penyebab lonjakan kasus adalah terjadinya interaksi sosial yang masif dan pelanggaran protokol kesehatan oleh masyarakat saat libur Idul Fitri.

Kemenkes mencatat arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2021 angkanya mencapai 5 hingga 6 juta orang.

“Karena interaksi sosial yang masif ditambah tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan meningkatkan transmisi virus sehingga mendorong lonjakan kasus,” kata dr Gunadi dalam video unggahan Kementerian Kesehatan, Rabu (16/6/2021).

Sekadar informasi, kasus Covid-19 per 15 Juni 2021 menembus angka 9.944 dengan total keseluruhan 1.940.000 kasus dan ada penambahan kasus meninggal sebanyak 196 jiwa.

Terlebih, kata Dokter Gunadi, Indonesia saat ini tengah berjuang juga melawan varian Delta yang lebih cepat menular dan berbahaya.

Kemudian Dokter Gunadi menyebut, dari hasil penelitian WGS pada Minggu (13/6/2021), dari 34 sampel sebanyak 28 sampel adalah varian Delta (B.1.617), jadi sekitar 82 persen.

Sementara itu, varian Delta terbukti meningkatkan transmisi atau penularan antarmanusia.

Sehingga Dokter Gunadi menegaskan bahwa ini amat sangat bahaya untuk lansia karena kekuatan kekebalan tubuh mereka yang sudah memburuk.

(Leo/Ana)