Kasus COVID-19 Naik Lagi, WHO Bongkar Penyebabnya, Oh Ternyata

Kasus COVID-19 Naik Lagi, WHO Bongkar Penyebabnya, Oh Ternyata

27 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membeberkan angka infeksi Covid-19 di seluruh dunia belakangan ini mengalami peningkatan.

Menurut WHO, kenaikan tersebut merupakan akibat dari banyaknya informasi yang keliru soal Covid-19 serta vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kasus Covid-19 semakin meledak di tengah varian virus yang terus berkembang.

Melansir dari CNBC International pada Jumat (27/8/2021), pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove memberi penjelasan.

Dia menyatakan sejumlah kesalahan informasi yang beredar membuat masyarakat dunia bingung soal pandemi sehingga keliru dalam melakukan penanganan.

“Dalam empat minggu terakhir, jumlah informasi salah yang beredar tampaknya semakin buruk, dan saya pikir itu sangat membingungkan bagi masyarakat umum,” ungkapnya.

Sementara itu, para ahli kesehatan masyarakat telah menyalahkan teori konspirasi dan informasi salah atau hoaks yang beredar.

Mereka mengatakan bahwa hal tersebut dapat menumbuhkan ketidakpercayaan sehingga menjadi tantangan besar untuk membuat masyarakat tervaksinasi.

Direktur Pusat Evaluasi dan Peneliti Biologi FDA Amerika Serikat Dr. Peter Marks menyebut telah mendengar klaim palsu bahwa vaksin menyebabkan kemandulan, mengandung microchip, serta menyebabkan Covid-19.

Selain itu pihaknya juga menerima informasi hoaks lainnya yakni ribuan orang meninggal dunia karena vaksin.

“Biar saya perjelas: klaim ini sama sekali tidak benar,” tegasnya.

Sejumlah pemimpin dunia juga terus menyuarakan terkait vaksin Covid-19 salah satunya Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia menekankan kepada masyarakat untuk mempercayakan semua informasi tentang vaksin Covid-19 kepada para ahli kesehatan.

Selain itu, Putin juga mendorong semua pihak untuk segera melakukan vaksinasi sesegera mungkin.

(Mel/Nov).