Kasus Korupsi Lahan DKI, KPK Akan Panggil Anies Baswedan

Kasus Korupsi Lahan DKI, KPK Akan Panggil Anies Baswedan

12 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Ketua KPK Firli Bahuri angkat bicara terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Firli, Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta pastinya sangat memahami penyusunan program APBD DKI.

Begitu juga dengan koleganya di DPRD DKI Jakarta yang memiliki tugas kewenangan untuk menetapkan RAPBD menjadi APBD.

Dengan demikian, pihak-pihak tersebut mestinya mengetahui alokasi anggaran pengadaan lahan DKI sehingga KPK perlu keterangan darinya.

“Jadi perlu dimintai keterangan sehingga menjadi terang benderang,” tegasnya, Senin (12/7/2021), seperti dikutip dari detiknews.

Di sisi lain, Firli juga memastikan akan mengungkap semua pihak yang terlibat baik dari kalangan eksekutif maupun legislatif.

Dengan bukti yang kuat, Firli mengatakan tidak akan pandang bulu untuk mengungkap semua yang terlibat sesuai dengan prinsip kerja KPK.

Hal tersebut, jelas Firli, karena anggaran pengadaan lahan tersebut menimbulkan kerugian negara yang sangat besar.

Selanjutnya, Firli Bahuri menyatakan bahwa ia memahami keinginan masyarakat agar kasus korupsi bisa terselesaikan secara tuntas.

Untuk itu, jelas Firli, pihaknya harus bekerja mencari dengan mengumpulkan bukti agar bisa mengungkap kasus tersebut dan menemukan tersangkanya.

KPK akan menjunjung tinggi asas-asas tugas pokok yakni kepentingan umum, kepastian hukum, keadilan, transparan, akuntabel, proporsional, dan menjunjung tinggi HAM.

(Leo/Nov).