Kenal Sujarnako? Dia Pelapor Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

Kenal Sujarnako? Dia Pelapor Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

10 Juni 2021 0 By Redaksi

NESIATIMES.COM – Mantan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko melaporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar ke Dewan Pengawas (Dewas).

Bersama dua penyidik KPK, Novel Baswedan dan Rizka Anungnata, Sujanarko melaporkan Lili pada Selasa (8/6/2021) atas dugaan pelanggaran etik.

Sujanarko mengungkap dugaan bahwa Lili memiliki peran dalam kasus suap penanganan perkara korupsi di Pemkot Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Sebelumnya, perkara korupsi tersebut turut menjerat penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Menurut Sujanarko, kejadian tersebut bisa membuat KPK menjadi kian terpuruk dan tingkat kepercayaan publik menurun.

“Kejadian seperti ini membuat KPK sangat terpuruk dan sangat tidak lagi dipercayai publik,” terangnya, Rabu (9/6/2021), seperti dikutip dari KOMPAS.com.

Lebih lanjut, Sujanarko menjelaskan bahwa ada dua dugaan pelanggaran kode etik dalam laporan yang mereka ajukan.

Pertama, yakni adanya dugaan Lili menghubungi dan menginformasikan perkembangan kasus Wali Kota nonaktif Tanjungbalai, M Syahrial.

Hal tersebut melanggar prinsip integritas yang tertuang dalam Pasal 4 Ayat (2) Huruf a Peraturan Dewan Pengawas KPK RI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

Yang kedua, pihaknya juga menduga Lili menggunakan posisinya sebagai pimpinan KPK untuk menekan M Syahrial.

Hal itu terkait penyelesaian kepegawaian adik iparnya Ruri Prihatini Lubis di Perusahaan Air Minum Tirta Kualo Tanjungbalai.

Dengan demikian, Lili melanggar prinsip integritas sesuai Pasal 4 Ayat (2) Huruf b Peraturan Dewan Pengawas KPK RI Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

(Mel/Rah).