Kenali Jenis-Jenis Buta Warna, Tidak Selalu Hitam Putih

Kenali Jenis-Jenis Buta Warna, Tidak Selalu Hitam Putih

26 September 2019 Off By Kevin Hermansyah

NESIATIMES.COM – Mata merupakan hal vital yang dimiliki oleh setiap manusia. Indera penglihatan tersebut  dapat membuat kita melihat apapun dengan jelas dan berwarna warni.

Namun, sebagian masyarakat tidak seberuntung itu. Bagi para penderita buta warna, mereka masih dapat melihat suatu visual, tetapi penglihatan mereka akan warna sangatlah berbeda dengan masyarakat lainnya.

Dilansir dari doktersehat.com, buta warna adalah salah satu gangguan penglihatan. Pada penderita buta warna, mata tidak mampu mengenali warna yang dilihat secara jelas dan akurat.

Akibatnya, mereka sulit untuk membedakan membedakan sejumlah warna, seperti merah dan jingga, atau biru dan ungu atapun buta warna total. Buta warna seperti ini disebut buta warna parsial.

Berikut adalah penjelasan dari beberapa jenis buta warna tersebut:

 

1. Deuteranomelia

Bagi para penderita buta warna Deuteranomelia, mereka akan kesulitan melihat warna merah dan hijau. Dimana warna hijau akan menjadi lebih merah dan sulit untuk membedakan warna ungu dan biru.

 

2.Protanopia

Kasus buta warna hijau dan merah merupakan yang paling sering ditemukan. Penderita Protanopia akan kesusahan untuk melihat warna merah dan kuning. Dimana warna merah akan terlihat seperti hitam dan warna jingga dan hijau akan terlihat seperti kuning.

 

3.Tritanopia

Tritanopia adalah jenis buta warna yang kesulitan melihat warna biru dan kuning. Penyakit ini lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan buta warna hijau dan merah.

Penderita Tritanopia cenderung melihat warna biru tampak menjadi hijau dan kuning akan terlihat seperti ungu.

 

4.Monochromacy

Merupakan buta warna yang sangat langka ditemukan di masyarakat. Dilansir dari idntimes.com, dari 100% populasi dunia, hanya 0,00003% yang menderita buta warna total. Bagi penderita Monochromacy, mereka tidak akan nyaman berada di lingkungan bercahaya terang.

 

(EFG/KEVIN)