Ini Kesimpulan PPATK usai Analisis dan Periksa Bilyet Giro Rp 2 T Anak Akidi Tio

Ini Kesimpulan PPATK usai Analisis dan Periksa Bilyet Giro Rp 2 T Anak Akidi Tio

4 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio menjadi polemik karena tak kunjung cair padahal sudah jatuh tempo.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) turut melakukan analisis dan pemeriksaan terkait dana sumbangan tersebut.

Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengungkapkan pihaknya berkesimpulan bahwa uang dalam bilyet giro Rp2 triliun itu tidak ada.

“Sampai dengan hari kemarin, kami sudah melakukan analisis dan pemeriksaan, dan dapat disimpulkan kalau uang yang disebut dalam bilyet giro itu tidak ada,” ungkapnya, Rabu (4/8/2021), seperti dikutip dari detiknews.

Lebih lanjut, Dian menuturkan bahwa pihaknya telah menaruh perhatian sejak awal adanya publikasi terkait sumbangan Rp2 triliun tersebut.

Sebab menurutnya, profil pemberi sumbangan tidak sesuai dengan jumlah dana yang sangat fantastis.

Selain itu, keterlibatan pejabat publik dalam penyaluran dana sumbangan tersebut juga perlu mendapatkan perhatian dari PPATK.

Hal tersebut, bertujuan supaya tidak mengganggu nama baik yang bersangkutan serta pejabat publik dalam hal ini institusi kepolisian.

Kemudian, Dian mengatakan pihaknya masih menunggu beberapa hal lain sebelum melaporkan hasil analisisnya ke Kapolri sesegera mungkin.

(Mel/Rah).