Tutup Usia, Ini Kiprah Rachmawati Anak Presiden Soekarno di Politik dan Pendidikan

Tutup Usia, Ini Kiprah Rachmawati Anak Presiden Soekarno di Politik dan Pendidikan

3 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Politikus sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di usia 71 tahun.

Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Sabtu (3/7/2021) pukul 06.20 WIB lantaran terpapar Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dirangkum NESIATIMES.COM dari berbagai sumber, Sabtu (3/7/2021), Rachmawati adalah anak ketiga dari Proklamator Soekarno dengan Fatmawati.

Gadis kelahiran Jakarta, 27 September 1957 ini mempunyai nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno.

Pada 1953 saat Rachmawati masih berusia 3 tahun, Fatmawati meninggalkan Istana sebagai protes atas pernikahan Presiden Soekarno dengan Hartini.

Bercita-cita menjadi dokter, Rachmawati menempuh pendidikan SD dan SMP di Perguruan Cikini, Jakarta, lalu melanjutkan pendidikan di SMA Santa Ursula, Jakarta. 

Namun, ia lulus dari SMA dengan jurusan sosial dan akhirnya memilih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1969, namun tidak selesai.

Nama Rachmawati cukup menghiasi dunia politik, sosial, dan pendidikan.

Ia pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.

Tak hanya itu, Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor pada 2002-2012. 

Kemudian pada 2012-2014 ia berpartisipasi di Partai NasDem sebelum akhirnya ia berlabuh di Partai Gerindra hingga meninggal dunia.

Sementara itu, kepergian Rachmawati meninggalkan duka mendalam bagi Partai Gerindra.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meminta agar rakyat Indonesia mendoakan almarhumah Rachmawati.

“Kami segenap keluarga besar Partai Gerindra sangat berduka yang mendalam dan meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhumah semoga husnul khotimah dan mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya,” ujar Dasco dikutip dari SOLOPOS.com.

(Leo/Ana)