Kisah Letkol Untung, Pernah Jadi Preman Paling Menakutkan, Lalu Insaf Kini Perwira Kopassus

Kisah Letkol Untung, Pernah Jadi Preman Paling Menakutkan, Lalu Insaf Kini Perwira Kopassus

16 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Aparat kepolisian saat ini tengah gencar melakukan upaya pemberantasan aksi premanisme di seluruh penjuru negeri.

Hal tersebut turut membuka kembali kisah hidup yang menginspirasi dari mantan preman yang kini telah insaf.

Sosok preman insaf tersebut adalah Letkol Untung Pranoto, seorang perwira Kopassus yang pernah bergelut di dunia hitam.

Melansir dari okezone.com pada Rabu (16/6/2021), Untung pernah menjadi sosok preman yang paling menakutkan dan disegani di Semarang, Jawa Tengah.

Hingga suatu hari, ia mendapatkan informasi bahwa TNI sedang membuka rekrutmen kala itu.

Untung yang merasa bosan dengan kehidupannya di terminal kemudian mencoba untuk ikut mendaftar namun gagal karena petugas pendaftaran menolaknya.

Hal tersebut lantaran Untung datang hanya mengenakan kaos singlet dengan rambut gondrong khas preman yang hidup di terminal.

Namun Untung tidak menyerah pada tekadnya dan tetap berusaha mendaftar kembali.

“Kalau saya tidak menjadi tentara, saya akan menjadi bajingan,” tegasnya kala itu.

Untung yang langsung memangkas rambutnya, berpakaian rapi, dan berbekal ijazah SD dan SMP memohon restu kepada ibunya untuk mendaftarkan diri jadi TNI.

Kemudian Untung berhasil lolos lalu mengikuti pendidikan Tamtama TNI AD dan lulus dengan pangkat Prajurit Dua atau Prada.

Seiring dengan berjalannya waktu, Untung sudah naik pangkat 17 kali dan kini berpangkat Letnan Kolonel dengan jabatan Pabandya Tatib Makopassus.

Jika ada yang bertanya soal modalnya hingga bisa meraih kesuksesan seperti sekarang, Untung selalu menjawab “Tuhan sudah berbaik hati”.

Selain itu, Untung juga selalu mengingatkan kepada juniornya untuk selalu disiplin dan bersikap loyal kepada siapapun yang memimpin.

(Mel/Nov).