Viral Kisah WNI Ditolak Masuk Mal Gegara Vaksin di Luar Negeri, Kok Bisa?

Viral Kisah WNI Ditolak Masuk Mal Gegara Vaksin di Luar Negeri, Kok Bisa?

13 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah telah memberlakukan syarat wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dari aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung mal, khususnya di DKI Jakarta.

Namun kekinian, kisah seorang WNI yang tidak boleh masuk mal karena kartu vaksinnya berasal dari luar negeri yakni Amerika Serikat viral di media sosial.

Kisah tersebut dibagikan oleh wanita asal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Deeana yang berkunjung ke mal bersama tiga orang lainnya.

Deeana menceritakan ibu dari seorang temannya yang menjalani vaksinasi di Amerika Serikat tidak diperbolehkan masuk mal oleh petugas.

Menurut penjelasan Deeana, dalam kartu vaksin sang ibu tercatat telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 Pfizer di Amerika Serikat.

Ibu tersebut menerima dosis pertama pada 11 April 2021 kemudian dosis kedua pada 2 Mei 2021.

Saat hendak masuk mal, lanjut Deeana, petugas sempat meminta untuk log in terlebih dahulu di aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, teman Deeana berusaha menjelaskan bahwa ibunya menjalani vaksinasi di luar negeri sehingga NIK dan namanya tidak bisa digunakan untuk log in.

“Dari situ baru dipanggil atasannya, jadi kita memang tidak diperbolehkan untuk masuk ke area mal sampai bisa ditanyakan ke atasannya,” terangnya, Kamis (12/8/2021), seperti dikutip dari detikhealth.

Deeana menuturkan pihaknya harus menunggu pengecekan berkas selama satu jam sembari berupaya log in dan menunjukkan bukti-bukti vaksinasi.

Akan tetapi, jelasnya, kartu vaksin dari luar negeri tersebut tidak bisa menjamin sang ibu bisa masuk ke dalam mal atau tidak.

Beberapa waktu kemudian, setelah proses pengecekan berkas lebih lanjut selesai, pihak mal akhirnya memperbolehkan mereka masuk.

Tetapi Deeana mengaku khawatir jika kendala serupa akan terjadi kembali di kemudian hari.

Namun di sisi lain, dia juga memaklumi mungkin karena kebijakan tersebut baru uji coba sehingga terjadi kendala seperti itu.

Deeana menyebut kemungkinan petugas juga terkejut karena menemukan adanya kasus WNI yang melakukan vaksin di luar negeri.

Kemudian datang ke Indonesia untuk menengok anaknya lalu pergi ke mal dan menunjukkan kartu vaksin dari luar negeri.

Sementara itu, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi turut buka suara terkait kejadian tersebut.

Dia menegaskan bahwa masyarakat yang membawa sertifikat vaksin dari luar negeri boleh masuk mal.

Menurutnya, peristiwa tersebut bisa terjadi karena bukti vaksin dari luar negeri belum terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi.

(Mel/Nov).