Bupati Jember Terima Honor Rp 70,5 Juta dari Pemakaman COVID-19, KPK Turun Tangan

Bupati Jember Terima Honor Rp 70,5 Juta dari Pemakaman COVID-19, KPK Turun Tangan

28 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan terkait informasi Bupati Jember Hendy Siswanto menerima honor pemakaman korban Covid-19.

Dia bersama sejumlah pejabat Pemkab Jember mengaku menerima honor masing-masing senilai Rp70,5 juta dari pemakaman Covid-19.

Plt juru bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Jember.

“KPK melalui Kedeputian Koordinasi dan Supervisi telah berkoordinasi kepada Pemkab Jember terkait informasi tersebut,” jelasnya, Jumat (27/8/2021), seperti dikutip dari TEMPO.

Lebih lanjut, Ipi juga memaparkan terkait pemberian insentif yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020.

Menurut aturan tersebut, insentif diberikan kepada tenaga kesehatan dan tenaga penyidik atau investigator korban terpapar Covid-19.

Kemudian juga kepada tenaga relawan dan tenaga lainnya yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 sesuai Standar Harga Satuan yang ditetapkan Kepala Daerah.

Selanjutnya, Ipi menegaskan saat ini pihak Pemkab Jember juga telah menindaklanjuti terkait honorarium tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mendapat informasi bahwa dana tersebut telah dikembalikan ke kas pemerintah Jember.

Adapun pihak yang mengembalikan dana tersebut yakni Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala BPBD, dan Kepala Bidang terkait.

Sebelumnya, Hendy Siswanto sempat mengungkapkan sejumlah pejabat di Pemkab Jember itu menerima honor total senilai Rp282 juta.

Masing-masing menerima honor Rp70,5 juta dari total 705 kali pemakaman pasien Covid-19 yang satu pemakamannya senilai Rp100 ribu.

(Mel/Rah).