Luhut Panjaitan: Suka Tidak Suka, China merupakan Kekuatan Dunia

Luhut Panjaitan: Suka Tidak Suka, China merupakan Kekuatan Dunia

7 Juni 2020 Off By YAARO

NESIATIMES.COM -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Cina menjadi salah satu kekuatan dunia yang tidak bisa diabaikan. Hal ini disampaikan menyusul banyaknya isu negatif yang berhembus soal keterkaitannya dalam bidang investasi.

Begitu pula dengan Amerika Serikat, juga memberikan pengaruh lebih besar.

“Ekonomi Tiongkok ini hampir 18 persen berpengaruh kepada ekonomi global. Amerika pengaruhnya 25 persen. Jadi, Anda suka tidak suka, senang tidak senang, bilang apa pun Tiongkok ini merupakan kekuatan dunia yang tidak bisa diabaikan,” kata Luhut Panjaitan dalam diskusi virtual, Jumat (5/6/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Luhut Panjaitan juga mengatakan bahwa dalam Undang-Undang Dasar Negara, Indonesia diizinkan untuk menjalin komunikasi dengan negara lain serta membuka peluang kerja sama yang bertujuan memperkokoh perekonomian.

Atas dasar tersebut, lanjut Luhut, maka tidak ada alasan bagi Indonesia tidak menjalin hubungan dengan negara lain.

“Jadi, tidak boleh kita memusuhi satu negara, dan juga enggak ada alasan kita bermusuhan,” ujar Luhut.

Sebelumnya, Luhut Panjaitan mengklaim, perjanjian investasi dari negara lain, seperti Arab Saudi, Australia, Korea Selatan, dan Tiongkok ke Indonesia, tidak ada pembatalan meski ditengah pandemi COVID-19. Hanya saja, ia mengakui terjadi kendala dalam pelaksanaan eksekusi investasi tersebut.

(EFG/YAR)