Ada Bahaya Besar Mengancam, Ma’ruf Amin Sampaikan Peringatan, Ini Serius!

Ada Bahaya Besar Mengancam, Ma’ruf Amin Sampaikan Peringatan, Ini Serius!

10 September 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan adanya bahaya besar yang mengancam masyarakat.

Ia mengingatkan soal bahayanya varian baru SARS-CoV-2 yakni varian Mu atau B1621 yang kini tengah menyebar di bagian benua Eropa dan Amerika.

Untuk mencegah masuknya varian baru tersebut ke Indonesia, Ma’ruf meminta pengetatan pintu masuk perjalanan.

Ma’ruf Amin menyatakan pengetatan tersebut akan berlaku di berbagai sektor baik pada perjalanan darat, laut, hingga udara.

“Itu semua dilakukan pengetatan-pengetatan, jadi arahnya pada pengetatan,” jelasnya, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, pengetatan tersebut merupakan solusi awal untuk mencegah varian baru Covid-19 itu masuk dan berkembang di Indonesia.

Kemudian, pemerintah juga terus menguatkan penerapan protokol kesehatan dan 3T (testing, tracing, treatment) untuk menangkal virus baru tersebut.

Di sisi lain, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nadia Tarmizi juga angkat bicara terkait varian Mu.

Nadia menjelaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna memantau pergerakan varian Mu.

Dia mengaku terus memperbarui informasi terkait varian Mu serta varian-varian lain yang juga berpotensi masuk ke Indonesia.

Selain itu, Kemenkes bersama lintas sektor akan memeriksa whole genome sequencing terhadap kasus yang masuk ke tanah air maupun penularan lokal.

Nadia menyebut sejauh ini sedikitnya 5.835 hasil sequencing telah dilakukan dan sekitar 2.300 di antaranya merupakan varian Delta yang ditemukan di 33 provinsi di Indonesia.

(Mel/Rah).