Mengenal dan Edukasi Museum Layang-Layang di Jakarta

Mengenal dan Edukasi Museum Layang-Layang di Jakarta

23 September 2019 Off By Fitri Febriani

NESIATIMES.COM – Sebagian besar anak muda mengunjungi Mall maupun Café merupakan aktivitas sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Justru, tempat seperti Museum dan tempat bersejarah lainnya kurang diminati. 

Padahal, banyak Museum dan tempat bersejarah lainnya yang jauh lebih menarik dikunjungi dibandingkan Mall maupun Café. Salah satunya adalah Museum Layang-Layang yang ada di Jakarta. 

Museum Layang-Layang yang terletak di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. 

Museum Layang-Layang adalah museum pertama di Indonesia didirikan pada tanggal 21 Maret 2003, oleh Endang W. Puspoyo, seorang pakar kecantikan yang menekuni dunia layang-layang sejak tahun 1985 dengan membentuk Merindo Kites & Gallery.

Semakin berkembangnya zaman, kini di Museum Layang-Layang mempunyai berbagai macam koleksi yang unik, seperti layang-layang tradisional, kreasi dan olahraga.

Koleksi layang-layang ini bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi dari berbagai macam Negara.  

Museum Layang-Layang buka setiap hari senin s/d minggu pada pukul 09.00-16.00 (kecuali Hari Libur Nasional), dan harga tiket masuk cukup terjangkau hanya Rp. 15.000 untuk usia 3 tahun ke atas.

Ketika mengunjungi Museum Layang-Layang, kita tidak hanya melihat koleksi-koleksinya saja, tetapi  diajarkan bagaimana cara melukis, membuat keramik, melukis payung dan membatik. 

Selain itu, ada edukasi lainnya seperti pemutaran film dan tour museum bagi anak-anak sekolah agar lebih menambah wawasan.

Museum Layang-Layang tidak hanya sekedar menjadi tempat rekreasi, tetapi bisa menjadi wisata ritual, olahraga, fotografi udara dan kegiatan penelitian ilmiah.

 

(EFG/FITRI)