Menpan RB Tjahjo Kumolo Keluarkan Peringatan Keras, PNS & PPPK Harap Simak!

Menpan RB Tjahjo Kumolo Keluarkan Peringatan Keras, PNS & PPPK Harap Simak!

26 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo berikan peringatan tegas bagi jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia menegaskan baik PNS dan PPPK untuk tidak pergi selamat libur nasional 2021.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021, Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 yang berpotensi meningkat karena adanya perjalanan orang selama libur nasional.

“Pegawai ASN dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama libur nasional tahun 2021,” ujar Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, dilansir Jumat (25/6/2021).

Namun larangan ini tak berlaku bagi beberapa pegawai ASN dengan kondisi tertentu.

Pertama, ASN yang bertempat tinggal dan bekerja di instansi yang berlokasi dalam satu wilayah aglomerasi yang akan melaksanakan tugas kedinasan di kantor.

Lalu, ASN yang melaksanakan perjalanan ke luar daerah dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang telah memperoleh surat tugas yang ditandatangani oleh minimal pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) atau kepala kantor satuan kerja.

Terakhir, pegawai ASN yang dalam keadaan terpaksa perlu untuk melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) di lingkungan instansinya.

Selain itu, dalam edaran itu Tjahjo juga memerintahkan agar PPK pada kementerian/lembaga/daerah menetapkan peraturan teknis dan melakukan langkah-langkah di lingkungan instansi masing-masing.

Sekadar informasi, libur nasional 2021 yang masih tersisa antara lain 20 Juli Hari Raya Idul Adha 1442 H, 11 Agustus 2021 Tahun Baru Islam 1443 H, 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI, 20 Oktober 2021 Maulid Nabi Muhammad SAW dan 25 Desember Hari Raya Natal.

(Mel/Ana)