Muncul Ancaman Produknya Bakal Diboikot, Indomaret Langsung Angkat Bicara

Muncul Ancaman Produknya Bakal Diboikot, Indomaret Langsung Angkat Bicara

17 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Anwar Bessy menuntut pembayaran penuh THR 2020 kepada PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Alhasil terjadilah unjuk rasa para buruh yang berbuntut ancaman boikot produk.

Terkait masalah tersebut, Marketing Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Wiwiek Yusuf memastikan kasus tersebut sudah selesai sejak tahun lalu.

Secara tegas, Wiwiek membantah tuduhan soal pembayaran tunjangan hari raya (THR) 2020 itu.

“THR tidak ada yang kita tunda itu tidak ada, jadi semua muter balikkan masalah. Selama 30 tahun juga kita bayar sesuai kewajiban, sesuai peraturan pemerintah, nggak ada itu,” tegasnya, Senin (17/5/2021) sebagaimana dikutip dari detikcom.

Sementara itu, Indomaret akhirnya menuntut Anwar Bessy ke pengadilan Jakarta Utara karena telah merusak gypsum kantor saat unjuk rasa bersama ratusan buruh lainnya untuk memperjuangkan THR 2020.

Gypsum kantor yang kena hentaman itu bolong kurang lebih 20-25 cm.

Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz mengungkapkan kebingungannya ketika Indomaret membawa kasus ini ke pengadilan.

Maksudnya, ia bingung karena Indomaret sebelumnya menilai kasus ini ‘sepele’.

“Informasi terakhir gypsum yang bolong tadi adalah ruang kantor, sekarang dibongkar artinya ruangan itu sudah tidak dipakai lagi oleh manajemen. Artinya ruangan itu sebetulnya kalau pun saudara Anwar Bessy tidak emosi, itu memang mau dirobohkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden KSPI Said Iqbal mempertanyakan peran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) dalam kasus ini.

Pasalnya, kata Iqbal, sampai saat ini Indomaret yang belum melunasi THR 2020 dan seharusnya mendapat ancaman penjara malah menuntut penjara orang lain.

Untuk itu, Riden kemudian mengatakan akan memboikot produk Indomaret jika Indomarco tidak membebaskan anggotanya itu dari tuntutan pidana.

(Leo/Leo)