WHO Sebut Ada Negara dalam Ancaman 3 Wabah Virus Sekaligus: Covid-19, Ebola, dan Marburg

WHO Sebut Ada Negara dalam Ancaman 3 Wabah Virus Sekaligus: Covid-19, Ebola, dan Marburg

21 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Matshidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika dalam konferensi pers pada Kamis (19/8/2021) mengatakan wabah-wabah penyakit baru menjadi tantangan bagi Afrika Barat.

Selain Covid-19, Afrika Barat harus menghadapi wabah baru virus Marburg dan Ebola dengan sistem kesehatan yang tidak lengkap.

“Kami sangat prihatin dengan Afrika Barat. Memerangi banyak wabah adalah tantangan yang kompleks,” kata Moeti, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (19/8/2021).

Negara itu, pada Sabtu (14/8/2021) mengumumkan kasus pertama Ebola sejak 1994.

Pihak berwenang menyatakan penyebab penyebarab adalah kasus terisolasi dari seorang gadis berusia 18 tahun yang melakukan perjalanan dari negara tetangga Guinea ke Pantai Gading.

Namun, direktur jenderal kesehatan Pantai Gading, Mamadou Samba enggan menyebut berapa banyak orang yang teridentifikasi tertular Ebola dari puluhan orang yang naik bus bersama gadis itu.

“Menghadapi tiga wabah sekaligus, bagi sistem kesehatan apapun, ini adalah situasi yang sangat sulit,” kata Mamadou Samba.

Kemudian, pekan lalu otoritas kesehatan di Guinea mengkonfirmasi satu kematian akibat penyakit Marburg, yang mirip dengan Ebola.

Sementara itu, data WHO menunjukkan bahwa Afrika Barat dalam sebulan terakhir mencatat jumlah kematian Covid-19 tertinggi sejak awal pandemi.

Lalu kasus juga melonjak di Pantai Gading, Guinea, dan Nigeria, di mana baru-baru ini wabah penyakit lain melanda ketiganya.

Sebagai informasi, Afrika Barat, kata Moeti, menghadapi lebih banyak wabah penyakit menular setiap tahun daripada wilayah lainnya.

Mirisnya, sistem kesehatan di Afrika Barat lebih lemah daripada di bagian Afrika lain.

Meski demikian, WHO tidak merinci tingkat ketersediaan tenaga medis atau kapasitas tempat tidur rumah sakit yang tersedia di seluruh wilayah Afrika Barat.

(Ana/Ana)