Patut Dicontoh, Ini Cara Randy Martin Agar Tidak Terpengaruh Untuk Merokok

Patut Dicontoh, Ini Cara Randy Martin Agar Tidak Terpengaruh Untuk Merokok

4 Oktober 2019 Off By Meliana Leonardi

NESIATIMES.COM – Merokok bukanlah hal yang mengejutkan di zaman sekarang.

Merokok adalah gaya hidup tidak sehat karena dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, terutama sistem pernapasan.

Di Indonesia hidup dengan merokok sudah sangat lumrah terlebih di kalangan anak-anak remaja.

Hampir sepertiga penduduk usia diatas 15 tahun adalah perokok, yaitu sebesar 36,3%.

Bahkan perokok laki-laki telah mencapai lebih dari 66% atau hampir 2 dari 3 laki-laki adalah perokok, sedangkan perempuan 6,7%.

Menanggapi hal ini, aktor sekaligus presenter, Randy Martin ternyata punya cara tersendiri agar tidak terpengaruh untuk merokok.

Meskipun lingkungan tempat kerja Randy dipenuhi oleh prokok namun ia mampu untuk tidak terpengaruh.

Caranya hanya satu yaitu menanamkan mind set bahwa merokok itu bukanlah hal yang sehat.

Selain itu, untuk menghindari menjadi perokok pasif, Randy biasanya akan menjauh saat ada orang orang di lingkungannya yang sedang merokok.

Ia juga berharap agar pemerintah lebih memperhatikan mengenai permasalahan rokok ini.

Lalu bagaimana cara membersihkan paru-paru dari zat buruk rokok ?

Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan paru-paru yang telah dirangkum oleh NESIATIMES.COM.

1. Jauhkan asap rokok

Ketika kalian ingin membersihkan paru-paru dari zat buruk rokok hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari sumbernya. Jauhi orang yang mungkin akan membuatmu kembali untuk merokok.

Jika memang terpaksa berada di lingkungan atau tempat umum yang banyak perokok, gunakan masker atau kain penutup hidung.

2. Konsumsi Jahe dan Papermint

Jahe dan pepermint dianggap mampu untuk membersihkan paru-paru yang terkontaminasi karbonmonoksida. Dianjurkan untuk minum 2-3 cangkir teh jahe dalam sehari untuk menguatkan paru-paru.

Sedangkan pepermint dan minyak pepermint yang mengandung mentol dapat membuat rileks otot saluran pernapasan. Untuk menguatkan paru-paru, kunyah 3-5 lembar daun pepermint setiap hari atau minum teh pepermint.

3. Perbaiki Kualitas Pernapasan

Menghirup napas dalam-dalam bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengantar oksigen lebih banyak ke tubuh. Paru-paru dapat menjadi kuat dan saluran napas menjadi bersih.

Awali dengan berbaring di tempat yang datar dan nyaman. Lalu, letakkan tangan pada bagian bawah rusuk, tutup mata dan hirup napas perlahan melalui hidung dalam lima hitungan. Selanjutnnya, tahan napas selama dua hitungan kemudian hembuskan perlahan dalam lima hitungan.

Ulangi latihan ini sebanyak 9-10 kali per sesi. Sebaiknya lakukan latihan sebanyak 2-3 sesi per hari. Untuk merawat kesehatan paru-paru berarti juga harus menyediakan lingkungan dengan kualitas udara yang baik.

Memperbaiki kualitas udara dapat dilakukan dengan memelihara tanaman hias yang dapat menyaring udara dari polutan berbahaya.

Nah, itu dia cara-cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan kesehatan paru-paru. Silahkan mencoba.

(EFG/MEL)