Pengecekan Status Penerimaan dan Pencairan Bantuan Pemerintah, Untuk Siswa SD, SMP dan SMA, Para Ortu Wajib Tahu!

Pengecekan Status Penerimaan dan Pencairan Bantuan Pemerintah, Untuk Siswa SD, SMP dan SMA, Para Ortu Wajib Tahu!

4 Juni 2024 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) terus berkomitmen untuk mencairkan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sepanjang tahun 2024.

Bantuan ini menyasar para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Bagi siswa yang berhak menerima bantuan ini, akan mendapat Bantuan Langsung Tunai Khusus Pendidikan (BLT KIP) yang besarannya berbeda-beda tergantung pada jenjang pendidikan.

Siswa SMA/SMK menerima Rp1,8 juta per tahun, siswa SMP Rp750 ribu, dan siswa SD Rp450 ribu.

Agar dapat mencairkan BLT KIP 2024, siswa perlu mengaktifkan rekening tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) yang diterbitkan oleh bank penyalur.

Baca Juga:

Kabar Gembira bagi Masyarakat DKI Jakarta, Kini Bisa Naik Busway TJ Gratis, Cukup Pakai Kartu Sakti Ini – NESIATIMES.COM

Pemprov Kembali Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Besar-besaran 2024, Spesial Untung 4 Kali Lipat, Buruan Manfaatkan – NESIATIMES.COM

Proses ini membutuhkan beberapa dokumen pendukung, seperti kartu identitas, kartu keluarga, dan surat pencairan BLT KIP dari sekolah.

Kemudian untuk memantau status penerimaan dan pencairan bantuan tersebut, siswa dapat melakukan pengecekan melalui situs resmi SiPintar.

Berdasakan data yang dihimpun, Selasa (4/6/2024) berikut adalah panduan lengkap cara mengecek status penerimaan dan pencairan PIP 2024 di SiPintar:

1. Kunjungi pip.kemdikbud.go.id.

2. Di halaman utama, Anda akan menemukan formulir pencarian penerima PIP. Isilah formulir ini dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Pastikan data yang dimasukkan sudah benar untuk memastikan hasil yang akurat.

Baca Juga:

Kabar Baik bagi Rakyat! Harga BBM Ini Resmi Turun di Indonesia Mulai Juni 2024, Cek Daftar Terbaru – NESIATIMES.COM

Penggantian Foto KTP di Dukcapil Tahun 2024, Masyarakat Wajib Tahu, Ini Ketentuannya, Simak! – NESIATIMES.COM

3. Setelah memasukkan NIK dan NISN, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan menjawab pertanyaan perhitungan sederhana. Jawaban dimasukkan di kolom yang telah disediakan.

4. Jika data yang dimasukkan benar dan siswa terdaftar sebagai penerima PIP 2024, Anda akan melihat status penerimaan PIP 2024 serta informasi mengenai pencairan Bantuan Langsung Tunai Khusus Pendidikan (BLT KIP).

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari NESIATIMES.COM di GOOGLE NEWS

Ikuti saluran WhatsApp NESIATIMES.COM – DI SINI

(Tar/Ana).