Isi Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024, Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

Isi Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024, Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

12 Maret 2024 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan aturan baru terkait Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum (IUPLTU) ini sudah mulai berlaku sejak 31 Januari 2024.

Terkait penerbitan aturan baru ini, Plt Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu angkat bicara.

Ia mengatakan ha ini adalah respons atas dinamika yang berkembang dan upaya percepatan peningkatan implementasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. 

Baca Juga:

Pengumuman! Pertamina Butuh Karyawan Baru pada Maret 2024, Terima Tamatan SMA/Sederajat, Ayo Daftar – NESIATIMES.COM

Update Terbaru Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, 2, 3 yang Berlaku Maret 2024, Masyarakat Wajib Tahu! – NESIATIMES.COM

Selain itu, penerbitan aturan ini juga merupakan upaya perbaikan sekaligus menggantikan Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2021 terkait PLTS Atap.

Kemudian, Jisman mengungkap bahwa pemerintah memandang implementasi regulasi PLTS Atap belum mencapai potensi optimalnya.

Akan tetapi, ia yakin bahwa tantangan ini dapat teratasi dengan kerja keras, inovasi, dan kolaborasi dari seluruhstakeholders.

Baik pemerintah, akademisi, badan usaha, media, serta masyarakat, salah satu hasilnya dengan terbitnya aturan ini,” ujar Jisman pada Sosialisasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2024, Selasa (5/3/2024), di Jakarta.

Baca Juga:

Program Baru Pemerintah Kota, Untuk Pembuatan Kartu Keluarga Tahun 2024, Cukup dari Rumah Tak Perlu ke Dukcapil – NESIATIMES.COM

Daftar 9 Layanan yang Membutuhkan KTP Digital atau IKD, Masyarakat Diminta Segera Aktivasi, Ini Caranya! – NESIATIMES.COM

Pokok Peraturan Menteri ESDM Nomor 2/2024

Sementara itu, melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 2/2024 pemerintah melakukan beberapa perbaikan pengaturan.

Secara umum perbaikan ini bertujuan untuk efisiensi dan transparansi sekaligus meningkatkan minat masyarakat dalam memasang PLTS Atap.

Adapun pokok-pokok peraturan yang tertuang dalam peraturan ini, antara lain:

– Kapasitas pemasangan PLTS Atap tidak dibatasi 100 persen dari daya terpasang PLN tetapi berdasarkan ketersediaan kuota PLN.

– Kuota kapasitas sistem PLTS Atap dalam clustering (di tingkat PLN UP3) yang dipublikasikan oleh PLN melalui laman, aplikasi, dan/atau media sosial resmi milik PLN. Kuota ini ditetapkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan setiap lima tahun.

Baca Juga:

Tamat SMA/SMK Bisa Langsung Kuliah, Gratis 100% Sampai Lulus, Ayo Daftar di Kampus Milik Pemerintah Ini – NESIATIMES.COM

Update Terbaru, Gaji Kades dan Perangkat Desa Tahun 2024, Masyarakat Wajib Tahu! – NESIATIMES.COM

– Peniadaan mekanisme ekspor impor. Nilai kelebihan energi listrik dari sistem PLTS Atap pelanggan ke jaringan pemegang IUPTLU tidak diperhitungkan dalam penentuan jumlah tagihan listrik pelanggan.

– Peniadaan biaya kapasitas untuk semua jenis pelanggan PLN.

– Pengaturan dan penyederhanaan waktu permohonan pemasangan PLTS Atap oleh Pelanggan PLN dan pengajuan dilayani oleh PLN berdasarkan mekanisme first in first serve (FIFS).

– Biaya pengadaan advanced meter sebagai pengganti meter kWh ekspor impor ditanggung pemegang IUPTLU.

– Mekanisme pelayanan berbasis aplikasi untuk kemudahan penyampaian permohonan, pelaporan, dan pengawasan program PLTS Atap.

– Tersedianya Pusat Pengaduan PLTS Atap untuk menerima pengaduan dari pelanggan PLTS Atap atau Pemegang IUPTLU.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari NESIATIMES.COM di GOOGLE NEWS

Ikuti saluran WhatsApp NESIATIMES.COM DI SINI

(Efr/Ana).