Pimpinan KKB Siapkan Lokasi Perang, Ini Respons Kapolda Papua, Bikin Kaget

Pimpinan KKB Siapkan Lokasi Perang, Ini Respons Kapolda Papua, Bikin Kaget

28 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyatakan telah menyiapkan lokasi perang dengan TNI-Polri.

Melansir Jumat (28/5/2021), Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menanggapi pernyataan KKB yang bermarkas di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, Lekagak Telenggen itu.

Menurutnya, kini pola penanganan Polri dan TNI terhadap KKB telah berubah usai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Jayapura.

Sekarang TNI dan Polri lebih mengedepankan cara persuasif dalam menangani KKB.

Panglima TNI dan Kapolri telah melakukan pertemuan tertutup dengan tokoh masyarakat dan adat, serta sejumlah kepala daerah di wilayah pegunungan tengah Papua, Kamis (27/5/2021).

“Kita kan masih mau berkomunikasi dengan dia, kalau dia turun saya dengan bapak Pangdam akan jemput dan perlakukan dia sebagaimana warga negara lainnya,” ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis.

Fakhiri memastikan akan ada komunikasi antara aparat keamanan dengan pimpinan agar penuntasan masalah KKB tak berujung dendam.

“Kita berharap ada hal saling menguntungkan. Selama ini kan belum dicoba, saya berharap semua masyarakat yang mencintai Tanah Papua ini damai mari satu hati,” kata dia.

Sementara itu, juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Sebby Sambom menyampaikan terkait lokasi perang melalui keterangan tertulis.

Menurutnya, Lekagak Telenggen bersama anggotanya telah menyiapkan lokasi perang di wilayah Muara Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Ia mengingatkan bahwa lapangan perang militer TPNPB-OPM sudah kini terletak di muara Kabupaten Puncak.

Sampai detik ini belum ada pasukan TNI-Polri yang masuk area perang.

Seby menegaskan, sampai saat ini Lekagak Telenggen dan kelompoknya belum keluar dari Kabupaten Puncak.

Tepatnya, Lekagak menunggu TNI-Polri di Muara itu untuk melawan pasukan TPNPB.

(Mel/Ana)