PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Sampai 16  Agustus, Simak Aturan Terbarunya!

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Sampai 16 Agustus, Simak Aturan Terbarunya!

10 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Pemerintah resmi memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menuturkan perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2 berlaku 10-16 Agustus 2021.

“Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia maka PPKM level 4, 3 , dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” bebernya, Senin (9/8/2021).

Kemudian, Luhut juga menjelaskan latar belakang perpanjangan PPKM yakni karena adanya hasil positif dari penerapan sebelumnya.

Lebih lanjut, Luhut memaparkan bahwa per 15 Juli 2021, tren kasus Covid-19 di Jawa-Bali mengalami penurunan mencapai 59,6 persen dari puncak kasus.

Selain itu, jumlah keterisian rumah sakit dan kematian akibat Covid-19 di Jawa-Bali juga kian menurun.

Selanjutnya, Luhut juga menyampaikan bahwa pemerintah akan menerapkan sejumlah aturan baru dalam PPKM kali ini.

Pertama, pemerintah akan mulai melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan secara gradual di wilayah berstatus PPKM level 4.

Luhut menegaskan pemerintah akan memulai uji coba di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan implementasi protokol kesehatan ketat.

Menurut penjelasan Luhut, pemerintah akan membuka mal di empat wilayah tersebut sepekan ke depan dengan kapasitas 25 persen.

Syarat lainnya yakni harus sudah vaksinasi, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, berusia di atas 12 tahun dan di bawah 70 tahun.

Kemudian bagi industri esensial berbasis ekspor, lanjut Luhut, pihaknya akan menyusun SOP protokol kesehatan.

Hal tersebut, agar mulai 17 Agustus 2021, untuk beberapa kota di level 4 bisa menerapkan 100 persen staf dengan pembagian minimal 2 shift.

Kedua, penyesuaian aturan di tempat ibadah pada wilayah level empat bisa melakukan ibadah dengan kapasitas maksimal 25 persen atau 20 orang.

Di sisi lain, Luhut juga menyampaikan kepatuhan memakai masker meningkat 5 persen dibandingkan Februari-Maret 2021 lalu menjadi 82 persen.

(Mel/Rah).