Ratusan Pelamar CPNS 2021 Tidak Lolos Seleksi Administrasi, Ini Penyebabnya

Ratusan Pelamar CPNS 2021 Tidak Lolos Seleksi Administrasi, Ini Penyebabnya

2 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Dari jumlah keseluruhan 3.725 pelamar CPNS tahun 2021 di Buleleng, sekitar 387 orang tidak memenuhi syarat.

Hal itu karena para pelamar tidak mengikuti beberapa ketentuan, seperti tidak menambahkan materai di surat lamaran.

Lalu ada juga surat lamaran tanpa tanda tangan hingga peserta yang mengunggah kartu tanda penduduk (KTP) fotokopi atau bukan aslinya.

“Ketika diumumkan, kepada para pelamar disebutkan atau dijelaskan kenapa mereka TMS. Misalnya surat lamaran tidak bermaterai, kan tidak sah. Semua alasannya ditunjukkan. Jadi, jika mereka sudah sadari tentu tidak ada sanggahan. Bahwa memang benar seperti itu,” ucap Suyasa.

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi akan ada masa sanggah selama tiga hari yakni pada 4-6 Agustus 2021.

Berlanjut dengan masa kawab sanggah dari instansi pada 4-13 Agustus 2021 dan pengumuman pasca-sanggah pada 15 Agustus 2021.

Jika lolos seleksi administrasi maka selanjutnya pelamar tinggal menunggu jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2021.

Suyasa menjelaskan bahwa jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akan ditentukan setelah berkoordinasi dengan provinsi.

Hal itu lantaran untuk format tes SKD dan SKB masih bekerja sama dengan provinsi, seperti penyediaan tempat seleksi dan tentunya penyiapan komputer.

Kemudian, untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru, Pemkab Buleleng sifatnya hanya menerima.

Dari jumlah formasi yang terbuka sebanyak 2.552, ternyata 334 formasi masih lowong.

(Mel/Ana)