WHO Peringatkan soal Virus Marburg, Apakah Sudah Masuk ke Indonesia? Ini Kata Kemenkes

WHO Peringatkan soal Virus Marburg, Apakah Sudah Masuk ke Indonesia? Ini Kata Kemenkes

14 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM –  Organisasi Organisasi kesehatan dunia WHO memperingatkan potensi virus Marburg menyebar dan menginfeksi banyak orang di dunia.

Berawal dari seorang lelaki di Guinea, Afrika Barat meninggal dunia, terkonfirmasi tertular virus tersebut, hal ini menandai pertama kalinya virus Marburg terdeteksi di Guinea.

“Kami mengapresiasi kewaspadaan dan tindakan investigasi cepat oleh petugas kesehatan Guinea,” ujar Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO di Afrika.

Tercatat sekitar 155 orang telah melakukan kontak dekat lelaki yang meninggal dunia itu.

Lantaran, virus Marburg masuk dalam kategori penyakit sangat menular maka 155 orang tersebut akan diobservasi selama tiga minggu lamanya.

WHO akhirnya bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk merespon dengan cepat.

Dalam penanganan virus ini jug berdasar pada pengalaman ahli saat menangani wabah Ebola, yang penularannya dengan cara yang sama.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, sempat menanyakan lebih lanjut tentang virus Marburg.

Meski demikian, Nadia belum dapat memastikan terkait keberadaan virus Marburg tadi di Indonesia.

Namun, dia mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus memantau perkembangannya.

“ini terus kita monitor perkembangannya ya, dan ini sifatnya zoonotik dan menular melalui kontak langsung dengan darah atau cairan, mungkin akan lebih mudah dikendalikan dibandingkan penyakit influenza,” kata Nadia dikutip dari suara.com.

(Mel/Mel)