Sambangi Warga, Gibran Kembalikan Uang Hasil Pungli Lurah, Ini Potretnya

Sambangi Warga, Gibran Kembalikan Uang Hasil Pungli Lurah, Ini Potretnya

3 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah menindak Lurah Gajahan, Pasar Kliwon yang melakukan pungli berkedok zakat.

Pada Minggu (2/5/2021) siang, Gibran turun langsung untuk mengembalikan uang hasil pungutan liar berkedok zakat itu.

Usai mengecek ke kantor Kelurahan Gajahan, Gibran bersama Camat Pasar Kliwon dan rombongan langsung menuju ke pertokoan di Jalan Dr Radjiman, barat Pasar Klewer.

Bersama dengan sejumlah staf, sambil meminta maaf, Gibran mengembalikan uang yang kepada  para pemilik toko yang terkena aksi pungli.

Ia juga mengingatkan bahwa hanya Baznas yang dapat mengeluarkan surat edaran, sedangkan kelurahan tidak mempunyai kewenangan.

Gibran mengatakan, ada 145 toko yang menjadi sasaran pungli berkedok zakat, dengan total uang masuk sebesar Rp 11,5 juta.

Akibat aksinya ini, Gibran akan membebastugaskan Lurah Gajahan tersebut.

Pasalnya, bagi Gibran apapun alasannya memungut uang liar dengan dalih zakat maupun THR (tunjangan hari raya) adalah hal yang tidak patut.

“Kita itu membiasakan sesuatu yang sudah benar, jangan membenarkan sesuatu yang sudah biasa. Tradisi pungli kok dibiarkan, kan nggak bisa. Harus dipotong, nggak boleh seperti itu,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, Gibran mengaku akan mengecek ke kelurahan lainnya, untuk mengetahui apakah kondisi yang sama juga terjadi.

Ia meyakini jika satu daerah sudah ketahuan, maka daerah lainnya akan terdeteksi juga.

Kepada warga maupun pada pengusaha, Gibran meminta agar tidak segan-segan untuk menolak jika ada pungutan serupa.

Ia menegaskan jangan takut untuk menolak, meskipun terdapat tanda tangan lurah sekalipun.

(Mel/Ana)