SBY Mendadak Bicara Kepemimpinan, Pengangguran dan Kemiskinan, Ada Apa?

SBY Mendadak Bicara Kepemimpinan, Pengangguran dan Kemiskinan, Ada Apa?

11 Juni 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenang kembali disertasi yang pernah ia tulis untuk meraih gelar doktor dari IPB.

Ia menyebut telah menerapkan disertasi tersebut selama memimpin Indonesia.

SBY menceritakan disertasinya mengangkat tema pertumbuhan ekonomi hingga mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Saya jadi ingat 17 tahun yang lalu tahun 2004 juga mengikuti sidang terbuka seperti ini. Saya masih ingat disertasi yang saya tulis, saya persiapkan judulnya atau temanya upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan pengangguran dengan menggalakkan pembangunan pertanian pedesaan dan infrastruktur dari sisi ekonomi, politik, kebijakan fiskal,” kata SBY dalam acara promosi doktor anaknya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Kamis (10/6/2021).

Menurut SBY, setelah masa kepemimpinanya habis, angka kemiskinan dan pengangguran turun secara signifikan serta pertumbuhan ekonomi meningkat.

“Alhamdulillah, sejarah membuktikan kalau dulu setelah selesai memimpin, pengangguran kita drop, kemiskinan kita drop secara signifikan, dan pertumbuhan meningkat dengan baik. Saya kira di samping izin Allah, dukungan rakyat Indonesia, IPB juga memberikan andil terhadap penyiapan itu,” ujarnya.

Ia merasa bersyukur bahwa usai berkuliah selama 3 tahun akhirnya SBY berkesempatan menjadi bagian utama dari economy policy di Indonesia.

Tepatnya 2,3 bulan usai mendapatkan gelar doktor IPB, ia terpilih sebagai kepala negara.

Dia pun menerapkan pokok pikiran dalam disertasinya dalam kebijakan ekonomi Indonesia.

Selama 10 tahun menjadi elemen utama dari kebijakan ekonomi Indonesia, SBY menerapkan kebijakan ekonomi four track strategic.

Yakni kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi yang pro pertumbuhan,  pro pengurangan, pro pengurangan kemiskinan dan juga pro pemeliharaan lingkungan.

(Mel/Mel)