Soal Tuduhan Larang Lagu Indonesia Raya, Ustaz Khalid Buka Suara, Bilang Begini

Soal Tuduhan Larang Lagu Indonesia Raya, Ustaz Khalid Buka Suara, Bilang Begini

31 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM — Beredar potongan ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang menuai kontroversi.

Pasalnya, dalam video itu Ustaz Khalid Basalamah tidak menyarankan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Awalnya, tampak Ustaz Khalid Basalamah membacakan sebuah pertanyaan dari seorang penanya mengenai lagu Indonesia Raya.

Sesuai dengan ketentuan di sekolah untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, sang penanya khawatir guru akan menegur anaknya jika tidak menyanyikannya.

“Saran saya, nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan Indonesia Raya),” jawab Ustaz Khalid Basalamah dalam video itu.

Menanggapi viralnya video tersebut, melalui kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Ustaz Khalid Basalamah berikan penjelasan.

Ia mengatakan peristiwa di video itu terjadi pada 2017 silam di salah satu masjid.

“Sesuai dengan pertanyaan itu, maka saya menjawab pada saat itu tidak usah Anda (penanya) ikut (bernyanyi), dalam arti kata dia sendiri merasa terbebani, karena pada saat disuruh ikut (bernyanyi),” kata Ustaz Khalid.

Ustaz Khalid menjelaskan bahwa jawaban itu ia berikan untuk menjawab keluhan si penanya, bukan membahas syair Indonesia Raya.

Secara pribadi, kata Ustaz Khalid, ia memahami bahwa lagu Indonesia Raya bertujuan untuk memberikan motivasi perjuangan.

Bahkan ia mengaku sangat mencintai Indonesia dengan cara menyampaikan agama Allah setiap harinya dan agama Allah itu isinya kebaikan.

Ustaz Khalid juga berharap masyarakat dapat memahami pernyataannya dengan akal yang sehat.

Tak lupa ia berharap Allah SWT segera memberikan hidayah kepada oknum yang menjadikan video tersebut sebagai isu untuk memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia.

(Ana/Ana)