Sosok Danpaspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto yang Anggotanya Cekcok dengan Polisi

Sosok Danpaspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto yang Anggotanya Cekcok dengan Polisi

10 Juli 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Nama Mayjen TNI Agus Subiyanto turut menjadi perbincangan usai bereaksi terkait insiden di Pos Penyekatan PPKM Darurat Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Sosok Komandan Paspampres itu menanggapi dengan bijak terkait insiden yang melibatkan anak buahnya dan anggota Polres Metro Jakpus tersebut.

Agus selanjutnya meminta sosialisasi peraturan terkait pelaksanaan PPKM darurat kepada seluruh elemen bisa lebih jelas lagi.

Menurut Agus, aturan PPKM darurat yang tidak tersosialisasikan dengan baik akan menyebabkan kesalahpahaman.

Melansir Jumat (9/7/2021), Agus sendiri menjabat sebagai Danpaspampres menggantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI No.Kep/911/XI/2020 yang ditetapkan pada 18 November 2020.

Kala itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi bersama dengan 127 perwira TNI lainnya.

Pria kelahiran 5 Agustus 1967 yang lulus dari Akademi Militer 1991 itu mempunyai pengalaman dalam Infanteri baret merah.

Agus mengawali karirnya sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus kemudian mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Kapuspen Korps Baret Merah.

Selanjutnya, Agus menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta pada tahun 2009 lalu menjadi Wakil Asisten Operasi Divisi 2/Kostrad pada tahun 2011.

Karirnya semakin melejit, Agus kemudian menjabat sebagai Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan pada tahun 2014.

Pada tahun 2017, Agus sempat mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya.

Tak sampai setahun, Agus kemudian harus mengemban jabatan baru yakni sebagai Komandan Korem 132/Tadulako di tahun yang sama.

Pada tahun 2018, Agus sempat ditarik sebagai Pamen di Datasemen Markas Mabes TNI kemudian menjabat sebagai Wadanpussenif Kodiklatad pada tahun 2019.

Agus kemudian menjadi Komandan Korem 061/Suryakancana pada tahun 2020 sebelum akhirnya mendapat promosi menjabat sebagai Danpaspampres.

Jabatan tersebut tentunya cukup bergengsi karena Agus harus senantiasa siaga menjaga keamanan presiden dan wakil presiden.

(Leo/Rah).