Sosok Sjamsul Nursalim, Buronan KPK Tersangka Kasus Korupsi BLBI yang Kini Dapat SP3

Sosok Sjamsul Nursalim, Buronan KPK Tersangka Kasus Korupsi BLBI yang Kini Dapat SP3

3 April 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Sjamsul Nursalim adalah buronan KPK yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Namun, setelah setahun buron, KPK justru menghentikan penyidikan (SP3) terhadap Sjamsul dan juga istrinya, Itjih Sjamsul Nursalim.

Begitu pula dengan Ketua BPPN dalam proses pemenuhan kewajiban pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia selaku Obligor BLBI kepada BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung.

Sebelumnya, KPK memasukkan Sjamsul dan istrinya sebagai DPO sejak September 2019 setelah dua kali mangkir dari pemanggilan.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka karena majelis hakim menilai Syafruddin telah memperkaya Sjamsul dengan menghilangkan hak tagih sebesar Rp4,58 triliun.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menuturkan bahwa penghentian penyidikan tersebut sebagai kepastian hukum dalam proses penegakan hukum.

Melansir dari KOMPAS.com pada Sabtu (3/4/2021), sosok Sjamsul merupakan seorang pengusaha dan juga pemilik PT Gajah Tunggal.

Perusahaan tersebut memproduksi ban untuk sepeda motor, mobil penumpang, SUV/truk ringan, off-road, hingga industri.

PT Gajah Tunggal juga memproduksi dan mendistribusikan produk karet lain seperti karet sintetis, benang ban, ban dalam, flap, dan o-ring.

Pria kelahiran Lampung, 19 Januari 1942 itu pernah bertengger di posisi ke-35 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes 2020.

Pemilik nama lain yakni Lim Tek Siong alias Lim Tjoen Ho itu tercatat memiliki kekayaan mencapai 755 juta dolar Singapura per 12 September 2020.

Selain itu, Sjamsul juga memiliki perusahaan retail terbesar di Indonesia yakni Mitra Adiperkasa (MAP) yang menaungi sejumlah merek ternama.

Seperti, Zara, Mango, Pull & Bear, Topshop, Stradivarius, Marks & Spencer, SOGO, SEIBU, Starbucks, serta Planet Sports.

(Mel/Nov).