Sri Mulyani Sebut Ada Ancaman Besar Setelah COVID-19, Dampaknya Luar Biasa, Harap Waspada!

Sri Mulyani Sebut Ada Ancaman Besar Setelah COVID-19, Dampaknya Luar Biasa, Harap Waspada!

23 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut ada ancaman besar yang akan melanda Indonesia dimasa depan setelah COVID-19.

Menurut Sri Mulyani, ancaman besar tersebut bahkan tak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia juga akan mengalaminya.

Dalam acara Peluncuran Buku Indonesia 2045 di Jakarta, Sri Mulyani menuturkan ancaman tersebut merupakan akibat dari perubahan iklim atau climate change.

Sri Mulyani menegaskan bahwa perubahan iklim menjadi ancaman yang sangat nyata bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

“Indonesia sebagai negara kepulauan, ancaman ini sangat nyata,” ungkapnya, seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (21/8/2021).

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan bahwa ancaman serta dampak perubahan iklim berpotensi melanda Indonesia pada tahun 2045.

Berdasarkan laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), Indonesia menjadi salah satu negara yang akan terdampak luar biasa di Asia Tenggara.

Adapun dampak perubahan iklim tersebut bisa berupa pemanasan yang menyebabkan kebakaran hutan.

Hingga banjir yang melanda berbagai wilayah termasuk kenaikan permukaan laut.

“Dalam laporan IPCC mengenai masalah dampak climate change di kawasan south Asia, Indonesia jadi salah satu negara yang dilihat akan mengalami dampak yang luar biasa dari mulai pemanasan yang bisa menjadi kebakaran hutan hingga banjir yang bisa melanda kota-kota di Indonesia termasuk dalam hal ini kenaikan permukaan laut,” kata dia.

Sri Mulyani menuturkan isu perubahan iklim tersebut saat ini sedang menjadi pembahasan karena merupakan persoalan pelik di tingkat global.

Oleh karena itu, sosok yang juga merupakan Co-Chair the Coalition of Finance Ministers for Climate Action itu meminta semua negara untuk waspada.

Sri Mulyani mengharuskan semua negara termasuk Indonesia, mampu menciptakan pembangunan dengan net zero emission.

Hal tersebut, jelas Sri Mulyani, dapat menekan potensi bahaya dampak dari perubahan iklim.

Selain itu, Sri Mulyani juga meminta generasi milenial untuk mulai mencurahkan perhatiannya pada isu tersebut karena akan menjadi tantangan di kemudian hari.

(Mel/Nov).