Sudah Bayar Rp50 Juta, Habib Rizieq Minta Kasusnya Dihentikan, Hakim Bilang Begini

Sudah Bayar Rp50 Juta, Habib Rizieq Minta Kasusnya Dihentikan, Hakim Bilang Begini

7 April 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan Covid-19 dengan Habib Rizieq Shihab sebagai terdakwa masih terus bergulir.

 Dalam sidang eksepsi pada Jumat (26/3/2021) lalu, Habib Rizieq menyatakan bahwa proses hukum terhadapnya itu seharusnya bisa berhenti.

Pasalnya, ia mengaku telah membayar sanksi denda administratif sebesar Rp50 juta, tepat sehari setelah acara yakni pada Minggu (15/11/2021).

Sehingga, proses hukum tidak lagi bisa berlanjut sesuai dengan asas nebis in idem seperti yang tertuang dalam Pasal 76 KUHP.

Namun, majelis hakim menyatakan menolak eksepsi Habib Rizieq dalam sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Hakim mengatakan, denda tersebut merupakan sanksi yang bersifat administratif dari pemerintah DKI Jakarta, bukan dari lembaga peradilan.

“Pembayaran denda administratif yang dikeluarkan Satpol PP DKI Jakarta bukan sanksi dari lembaga peradilan, tetapi hanya bersifat administratif,” paparnya, seperti dikutip dari KOMPAS.com.

Kemudian, jaksa juga menambahkan bahwa pemberian sanksi administratif tersebut bukanlah sebagai putusan hakim.

Setelah itu majelis hakim memerintahkan untuk melanjutkan agenda sidang berikutnya, yakni pemeriksaan saksi.

(Leo/Nov).