Tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan, Yudi: Kurang Merah Putih Apa Kami?

Tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan, Yudi: Kurang Merah Putih Apa Kami?

14 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Yudi Purnomo selaku Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK buka suara soal dirinya dan 74 pegawai lain terkait tes wawasan kebangsaan (TWK) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diikuti.

Dia mengatakan tak habis pikir jika dinyatakan tidak memenuhi syarat TWK.

Selain sudah berkarir bertahun-tahun dalam memberantas korupsi, juga telah menandatangani kesetiaan kepada NKRI, UUD 1945 dan Pancasila serta tidak mengikuti organisasi terlarang.

“Jadi seluruh pegawai yang ikut tes itu sudah memberikan pernyataan cinta tanah air, setia kepada UUD dan Pancasila, serta tak pernah ikut organisasi terlarang,” kata Yudi Jumat (14/5/2021) dikutip dari detikcom.

Yudi mengungkapkan, hal tersebut menjadi aneh jika sudah bertahun-tahun terlibat dalam pemberantasan korupsi, mengungkap kasus-kasus besar malah dianggap tidak memiliki wawasan kebangsaan.

Dia juga mengutarakan, bahwa di antara yang dianggap tak memenuhi syarat tersebut adalah mantan perwira polisi yang pernah bertugas di sejumlah daerah konflik demi mempertahankan NKRI.

Selain itu, ada juga penyidik yang pernah dapat penghargaan dari FBI karena memiliki kompetensi dan integeritas, juga disebutkan ada direktur yang pernah dapat penghargaan dari Presiden Jokowi.

“Jadi kurang nasionalis apa kami ini? Kurang merah putih apa?,” Tanya Yudi.

Yudi mengaku dapat menyelesaikan dengan baik semua soal yang diberikan.

Dia pun tegas mengatakan, selama di KPK relasinya dengan pegawai lain berjalan dengan baik, tidak pernah terkendala isu agama, isu keberagaman maupun yang lainnya.

Menurutnya, solusi dari pimpinan KPK seharusnya bukan meminta mereka menyerahkan tanggung jawab ke atasan langsung. Harusnya mereka dibina dan dibimbing jika memang tak memenuhi syarat.

(Stev/Ven)