Ternyata Ini Hubungan Antara Kabinda Papua Mayjen Anumerta Putu Danny dan Serda Ucok, Sangat Dekat

Ternyata Ini Hubungan Antara Kabinda Papua Mayjen Anumerta Putu Danny dan Serda Ucok, Sangat Dekat

5 Mei 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM — Dalam sebuah video milik kanal YouTube War Kuy membahas tentang Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (kabinda) Papua Mayjen (anumerta) I Gusti Putu Danny.

Ternyata Jenderal Kopassus tersebut merupakan mantan komandan Serda Ucok Tigor Simbolon di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Ia gugur di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada Minggu 25 April 2021, karena tertembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kalau Serda Ucok sendiri sebelumnya adalah seorang prajurit yang bertugas di Grup II Kandang Menjangan Kartasura.

Namun, pada 2013 Serda Ucok beserta 12 rekannya terlibat peristiwa penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Kala itu, Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta yang mengadili kasus penyerangan itu memutuskan Ucok bersama dua terdakwa lainnya bersalah.

Dua lainnya adalah Serda Sugeng Sumaryanto dan Koptu Kodik.

Pengadilan Militer (Dilmil) II-11 Yogyakarta, menilai ketiganya terbukti bersalah melakukan pembunuhan yang berencana.

Alhasil, hukuman untuk Serda Sugeng Sumaryanto adalah kurungan delapan tahun, pemecaraab dan membayar biaya sidang.

Sedangkan Koptu Kodik menjalani masa tahanan enam tahun penjara, pemecatan serta membayar biaya persidangan.

Sementara itu, Serda Ucok Tigor Simbolon, tersangka utama yang merupakan eksekutor empat korban mendapat hukuman selama 11 tahun penjara.

Sementara itu, dalam video yang berjudul “Komandan Serda Ucok – Brigjen Gustin Putu gugur di Papua, TNI Polri siap buru pelaku!!!” menyebutkan Brigjen Gusti Putu Danny turut aktif bersama satuan Kopassus.

Ia bahkan pernah bertugas bersama mantan Danjen Kopassus Doni Munardo kala itu yang sekarang menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kemudian dari beberapa foto yang tersebar di internet, Brigjen Gusti Putu Danny nampak pernah juga bertugas bersama Serda Ucok.

Pada sebuah foto lawas tersebut, Gusti Putu Danny dan Serda Ucok serta 6 prajurit lainnya, terlihat berfoto dengan pose mengangkat satu tangan.

(Mel/Leo)