Luar Biasa, Turki Berminat Impor 5,2 Juta Dosis Vaksin Nusantara Buatan Dokter Terawan!

Luar Biasa, Turki Berminat Impor 5,2 Juta Dosis Vaksin Nusantara Buatan Dokter Terawan!

26 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – Guru Besar Ilmi Biokimia dan Biologi Molekular Universitas Airlangga Profesor Chairul Anwar Nidom mengatakan pemerintah Turki berminat mengimpor vaksin Nusantara.

Menurut Nidom, pemerintah Turki bahkan ingin memesan vaksin Covid-19 besutan Terawan Agus Putranto itu sebanyak 5,2 juta dosis.

“Yang jelas memang dari luar negeri sudah ada yang minat,” bebernya, Rabu (25/8/2021).

“Saya dapat informasi dari dokter Terawan Agus Putranto bahwa ada keinginan dari negara Turki membeli vaksin Nusantara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nidom mengatakan bahwa pemerintah Turki juga menawarkan untuk melakukan uji klinik fase 3 vaksin Nusantara di negaranya.

Menurut Nidom, vaksin Nusantara justru bisa menguntungkan Turki karena tidak ada masalah dari aspek rasio toksisitas serta faktor sosial agama.

Sehingga, kata dia, jika bisa menangkapnya, maka paling tidak negara Islam bisa di-cover oleh Turki.

Kemudian, Nidom juga mengklaim vaksin Nusantara bisa berpotensi bagi Indonesia dalam aspek ekonomi.

Hal tersebut, berkat terobosan baru dalam teknologi kesehatan dari sebuah vaksin yang sudah berumur 300 tahun itu.

Selain itu, Nidom juga menyebut tidak ada masalah bagi para relawan yang menerima suntik vaksin Nusantara pada uji klinik fase 1 dan 2.

Bahkan, Nidom menyatakan para relawan tersebut merasa lebih nyaman setelah menerima suntikan vaksin Nusantara yang berbasis sel dendritik.

Nidom menjelaskan hal itu lantaran vaksin Nusantara sel dendritik tidak terjadi inflamasi, sementara vaksin konvensional terjadi inflamasi.

Inflamasi tersebut merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) seperti demam, pusing, bengkak, bercak kemerahan, dan sebagainya.

(Leo/Nov).