WHO Beri Peringatan untuk Jutaan Warga Dunia, Semua Harus Bergerak!

WHO Beri Peringatan untuk Jutaan Warga Dunia, Semua Harus Bergerak!

2 Agustus 2021 Off By Redaksi

NESIATIMES.COM – WHO menyatakan bahwa virus corona varian delta adalah peringatan kepada dunia dalam konferesi persnya, Jumat (30/7/2021).

Pasalnya, virus varian delta merupakan mutasi dari varian lama sehingga ini menjadi pertanda untuk menekan laju infeksi virus dengan cepat sebelum bermutasi menjadi varian yang lebih ganas dan buruk.

Varian yang sangat mudah menular, pertama kali terdeteksi di India, kini telah muncul di 132 negara dan wilayah.

“Delta adalah peringatan, ini adalah peringatan bahwa virus berkembang tetapi juga merupakan seruan untuk bertindak bahwa kita perlu bergerak sekarang sebelum varian yang lebih berbahaya muncul,” kata Emergencies Director WHO Michael dikutip dari AFP.

Lebih lanjut, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan sudah ada empat varian dari virus corona.

Tedros mengatakan bahwa rata-rata, infeksi meningkat 80 persen selama empat minggu terakhir di lima dari enam wilayah WHO.

Meskipun telah bermutasi, menurut Ryan langkah antisipasi untuk mengendalikan penularan terbukti masih berhasil.

Khususnya, menjaga jarak fisik, memakai masker, kebersihan tangan, dan menghindari waktu lama di dalam ruangan di tempat-tempat yang berventilasi buruk dan ramai.

Kemudian, langkah yang paling ampuh adalah mengikuti vaksinasi. 

Sehingga WHO ingin setiap negara telah memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasinya pada akhir September; setidaknya 40 persen pada akhir tahun ini, dan 70 persen pada pertengahan 2022.

Namun masih terdapat negara yabg belum memulai kampanye vaksi yaitu Eritrea dan Korea Utara.

(Leo/Leo)